Aku Cemburu, Salahkan?




Dalam kedamaian malam ke-25 ramadhan, 9th june 2018.

Kenapa wanita kebanyakan lebih mengoptimalkan perasaan ketimbang logika? Kodrat tuhan kah?, kenapa kita tidak disamakan dengan laki-laki yg hidupnya memaksimalkan fungsi logika?. Entah apa yang tuhan rencanakan dengan hal itu.  Ada satu nama rasa yang begitu familiar, perasaan itu bernama“cemburu”. Perasaan cemburu muncul akibat kepossesifan terhadap sesuatu. Bentuknya bermacam-macam, misal marah saat milikmu di mainkan oleh orang lain, milikmu yang menomersatukan orang lain dan menomorduakan kamu, hadir saat dia butuh kamu dan hilang saat kamu butuh dia, sangat menjaga perasaan orang lain tapo perasaan kamu sendiri diabaikan. Rasanya gimana?Demi Tuhan itu sesak, sangat. Seperti ada bola api yang tiba-tiba dilempar ke arahmu, sakit, perih, panas. Dalam realitanya manusia pasti pernah merasakan itu, cemburu terhadap pasangan, orang  bilang itu tanda cinta. Aku akui itu benar adanya, buat apa aku memusatkan perhatianku untuk orang yang tidak aku sayang. Cemburu itu bentuk ketidaksukaan atas milikmu dijamah dalam artian positif even itu oleh siapapun. Perasaan itu kayak hanya kamu yang berhak dapetin semua perhatiannya. Iya memang egois sekali. Tapi itulah kenyataannya. 

            Dari sana munculah sesuatu yang disebut” saling percaya”, manusia pada dasarnya penuh keragu-raguan, terlalu khawatir akan apapun even itu belum terjadi. Ini ada hubungannya dengan rasa cemburu itu tadi, cemburu disebabkan karena rasa ketidakpercayaan kamu terhadap pasangan kamu. Landasan sebuah hubungan adalah rasa saling percaya satu dengan yang lain. Percuma kamu setting sekokoh apapun bangunan yang bakalan kamu buat klo fondasinya retak. Lambat laun bangunan itu bakalan hancur tiba-tiba, begitupun dengan perasaan.  Aku belajar hal itu kemaren-kemaren, tapi ngomongnya kayak udah pro (wkwkwkwkwk).  Gue melontarkan sekapur sirih diatas karena kemarin hari kamis,  gue bersitegang hebat dengan Ifan, masalahnya sih sepele. Karena dia bonceng temen ceweknya malem-malem rute Mataram-Lotim. Gile kurang lebih 45km dan yang bikin gue kesel adalah dia ngasih tahu gue setelah dia nyampe Lotim. Oke menurut logika gue ini hal yg berlebihan, tapi menurut perasaan gue itu hal yang wajar (okeh ketidaksingkronan logika dan perasaan, masak kamu gak bisa ngertiin sedikit sih yang), gue aja gak pernah di digituin sampe sekarang( okeh ini lagi mode childish banget) . Masalanya emang karena itu aja, gak lebih. Namun, yang bikin kami perang hebat waktu itu adalah dia ngelibatin masalah itu sama maslah-masalah yang lain dulu.  Oke gue emang orang yang sulit, keadaan juga ikut mempersulit. Oke gue ceritain dari awal, gue sama Ifan emg dari awal berbeda dalam banyak hal, gak jarang perbedaan yg begitu kontraks itu ngebuat kami bersitegang, tapi diakhir dari setiap perdebatan itu ada aja yang selalu ngalah, begitu terus detik ini. Intinya kami memiliki kepribadian yang bertolak belakang. Gue introvert dan dia extrovert, gue banyak mikir dan dia males mikir, gue seneng sma hal yang serius dia seneng sama hal yg kebanyakan haha-hihi. Pokoknya banyak deh, sampe sekarang gue juga gak ngerti kenapa gue sama dia bertahan( seharusnya dengan kekurangan itu bisa saling melengkapi yah?),waktu itu gue yang minta putus tapi dianya gak mau, pernah sekali dia yang minta putus tapi guenya yang gak mau. Satu aja alesan rasional gue sama hal itu, “ karena ibu gue gak ngizinin gue putus sama dia” alesannya kolot gila “ ntar kamu kena karma nak” , omegat Mom i am not conventional who believe some jokes like that. Karena dia ibu gue dan gue percaya menuruti kata-kata seorang ibu itu menjadi kewajiban, jadi gue nurut aja.  Ibu gue sering bilang, “ ya udah sih dijalaninya aja, kenapa dibuat pusing, klo gak ada maslah ya kenapa harus putus? Jangan pake perasaan secara berlebihan, anggep temen deket, jangan posesif in dia” sejenis itulah yang selalu dia ucap saat gue curhat2 tan sama dia. Pendapat ibu tu ada benernya juga sih, selama ini emang aku sama dia gak ada masalah yang berarti, emang akunya aja yang too much dalam ngerespone, selalu mendramatsir suasana, terlalu  banyak rencana. Padahal sesuatu yang aku dan ifan jalani ini bukan hubungan yang yang bisa rencanain-rencanain gitu(too young to discuss about this), gini yah karena kebiasaan sama temen mikir, jadi aku selalu ngelontarin hal-hal abstrak yang serius gitu “ aku mau kita komit sama hubungan ini, bla bla bla”. Gileeee bener, lo masih 18 years old dan udah bicarain komit-komitan. Ya semua orang emang pacaran untuk menuju kesana, but you are too kids guys. Mending ke lo udah 25 baru lo ngomong gitu. Terlalu banyak hal yang diharepin juga gak bagus. Intinya jalani aja, apa susahnya sih? Kadang gue sebel liat diri gue yang kayak begitu, tidak bisa tentram, telalu banyak mikir dan keseringan karena terlalu banyak mikir itu gue jadi terlalu cepat menyimpulkan, dan saat gue tahu kebenaran dari hal yang gue terka-terka, gue jadi malu sendiri karena salah sangka. Jujur yah sampe sekarang gue gak tahu apa yang buat dia seneng, sifat gue yang mana yang sangat-sangat dia harapankan, karena sepengetahuan gue  selama ini dia tu selalu complaint sama sifat gue, yang ada karena keserinagan begitu gue jadi mikir apa dia pertahanin gue klo diamatanya gue buruk semua? Klo gue bilang karena dia sayang gue? Gak tahu juga deh, mungkin juga karena terlanjur pacaran deh wkwwwkwk, gimana yah reaksinya klo baca tulisan gue ini.  Udah ah ngue ngoceh mulu dari tadi. 

         Nih ya, klo lo emang 18 tahun ya berprilaku dan bersikaplah kayak anak 18 tahun, jangan jadi 25 thn yang sok dewasa dan selalu menuntut semuanya oke dari A-Z dan juga jangan jadi 10 thn yang sok manja dan selalu pengen dimengerti tapi gak pernah mau ngerti. Silahkan cemburu sepuas lo, itu gak haram kok!, tapi jangan lupa bawa rasionalitas lo, jalani semuanya dengan baik jangan terlalu banyak dipikirin, jangan dibuat susah karena idup lo juga udah susah. udah itu aja. SAMA JANGAN LUPA BUAT BAHAGIA( Okey ini gaje parah, tapi bodo)

Bye for now....

Komentar

Postingan Populer